-->

CARA MEMELIHARA KESEHATAN OTAK

CARA MEMELIHARA KESEHATAN OTAK



Ketika sedang lelah secara psikis, stres, atau seiring bertambahnya usia sebagian orang merasa bahwa terjadi kemunduran pada daya ingat dan kemampuan berpikirnya. Namun, tidak perlu khawatir, karena tentunya ada cara untuk menjaga kesehatan otak.

Kira-kira apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak?:

1.Menari
"Salah satu kegiatan yang dapat merangsang berbagai sistem otak adalah menari. Menari membutuhkan koordinasi, organisasi, dan sikronisasi. Sehingga menari banyak menyebabkan stimulasi otak," kata Daniel Amen, MD.

2. Berolahraga
"Berolahraga dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru pada dentate gyrus, sebuah bagian otak yang penting untuk memori. Peneliti mengukur volume darah pada otak orang dewasa yang berolahraga 4 kali seminggu selama 4 bulan dan menemukan bahwa semua aktivitas tersebut dapat memicu produksi neuron," kata para peneliti.

3. Sarapan dengan telur
Sarapan ideal adalah telur, karena telur mengandung vitamin B, yang memungkinkan sel saraf untuk membakar glukosa, sumber energi utama otak, antioksidan, yang melindungi neuron terhadap kerusakan. Telur juga mengandung asam lemak omega 3 yang menjaga sel-sel saraf.

4. Mengerjakan pekerjaan secara bergantian
"Berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang berikutnya akan melibatkan berbagai wilayah otak, dan dapat membuat waspada secara mental. Sehingga daripada melakukan segala pekerjaan secara bersamaan karena merasa multitasking, lebih baik mengerjakan pekerjaan secara bergantian dengan fokus.

5. Memenuhi nutrisi untuk sel otak
"Tingginya tingkat polifenol, yaitu antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dapat melindungi sel otak dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh penyakit seperti Alzeimer. Air putih sekitar 8 gelas sehari juga baik untuk melindungi sel otak. Otak mengandung 80 persen air, dan jika tidak terhidrasi, neuron tidak dapat bekerja dengan baik, kata peneliti Amy Borenstein, Ph.D.

6. Tidur dengan waktu yang cukup
"Otak mengumpulkan potongan-potongan yang berbeda dari informasi dan merangkai informasi-informasi tersebut saat sedang tertidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur selama 7 jam menunjukkan aktivitas otak secara signifikan lebih dari baik daripada orang-orang yang memiliki waktu tidur yang kurang dari 7 jam.

7. Membaca
Membaca merupakan aktivitas yang baik untuk otak, karena melibatkan menyimpan dan mengambil informasi.

8. Belajar bahasa lain
Belajar bahasa lain tampaknya dapat meningkatkan kepadatan materi abu-abu di bidang otak yang mengatur perhatian dan memori, kata peneliti Ellen Bialystok, Ph.D.

9. Menjaga kesehatan gigi
Rongga mulut yang tidak sehat dapat melepaskan bakteri ke dalam aliran darah, dimana bakteri dapat melakukan perjalanan ke organ vital. Menurut sebuah hasil penelitian di Inggris yang melibatkan 6.500 orang dewasa, orang dengan penyakit gusi juga memiliki fungsi mental yang lebih buruk daripada orang yang gusinya sehat.(detik.com)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2011-2024 JURUGAN INFO TERBARU 2024 | All Right Reserved | Supported by: MENOREH MEDIA